4 Soft-Skills yang Anda Butuhkan untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Mr. Daniel, salah seorang pengajar English sales skills di English Today Surabaya akan berbagi tentang 4 soft-skills yang Anda perlukan untuk meningkatkan penjualan Anda yang kami rangkum dalam wawancara berikut:

ET: Apa saja soft-skills penting yang kita butuhkan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang kita tawarkan?

Mr. Daniel: Soft skills yang Anda perlukan untuk meningkatkan penjualan dari produk atau layanan Anda adalah empati, kecerdasan emosional, kepercayaan diri dan kemampuan mendengarkan secara aktif.

ET: Apa yang membuat empati penting dalam upayan menjual produk atau layanan kita dan bagaimana kita bisa mengembangkan empati kita untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan kita?

Mr. Daniel: Sebagai tenaga sales, sangatlah penting bagi kita untuk mampu menempatkan diri kita di situasi calon pembeli karena ketika Anda mampu memahami apa yang orang pikirkan atau rasakan dalam percakapan Anda, Anda akan mampu menuntun percakapan ke arah yang produktif. Meskipun, calon pembeli tidak mengingat apa yang Anda katakan tetapi mereka tentunya akan mengingat perasaan yang Anda ciptakan dalam percakapan dan pada akhirnya, calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, hal yang terakhir yang Anda inginkan dalam situasi penjualan adalah membuat pembeli merasa bahwa Anda memikirkan dan memprioritaskan kepentingan mereka. Dan, salah satu cara terbaik untuk mengembangkan empati Anda terhadap calon pembeli adalah dengan membayangkan diri Anda dalam posisi calon pembeli.

ET: Katakanlah saya seorang tenaga sales. Mengapa saya perlu memiliki kecerdasan emosional dan bagaimana saya bisa mengembangkan kecerdasan emosional untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang saya tawarkan?

Mr. Daniel: Pertanyaan yang bagus! Ketika Anda memiliki kecerdasan emosional, orang-orang secara alami akan merasa ‘nyambung’ dengan Anda dan ingin mengikuti arahan Anda. Jika Anda bisa memikat ‘mood’ calon pembeli, Anda akan mampu memperkirakan bagaimana cara melanjutkan percakapan dengan calon pembeli Anda hingga akhirnya Anda berhasil menjual produk atau layanan yang Anda tawarkan. Selain itu, dengan kecerdasan emosional, Anda akan mampu melihat emosi, menggunakan emosi, memahami emosi dan mengendalikan emosi untuk meraih tujuan Anda khususnya untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Salah satu cara yang saya rekomendasikan untuk mengembangkan kecerdasan emosional adalah memilih kata-kata ketika Anda berinteraksi dengan calon pembeli atau pelanggan Anda.

ET: Anda sudah mengatakan bahwa menjadi percaya diri adalah salah satu soft-skill yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Bisakah Anda memberikan strategi praktis untuk meningkatkan kepercayaan diri kita dalam menjual produk atau layanan yang kita tawarkan?

Mr. Daniel: Jika Anda percaya diri dan yakin dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan, calon pembeli akan mempercayai Anda dan juga meyakini apa yang Anda katakan karena orang yang percaya diri akan membuat orang lain mempercayai mereka. Salah satu strategi praktis untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda adalah dengan memvisualisasi diri Anda menjadi apa yang Anda inginkan. Visualisasi adalah teknik untuk melihat diri Anda dengan citra yang membuat Anda bangga, dengan menggunakan pikiran Anda. Mempraktikan visualisasi dari versi diri Anda yang ‘fantastik’ akan membantu Anda untuk mencapai tujuan Anda dan salah satunya termasuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

ET: Apa yang membuat kemampuan untuk mendengarkan secara aktif begitu penting dalam penjualan dan bagaimana kita dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan secara aktif?

Mr. Daniel: Ketika Anda mencoba menjual produk atau menawarkan layanan dan berfokus pada pencapaian target penjualan, Anda akan cenderung terjatuh pada pola ‘mendesak’ calon pembeli untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan dan terus menerus berbicara kepada mereka sampai akhirnya orang tersebut setuju untuk membeli atau menggunakan layanan Anda. Tetapi, saya tidak merekomendasikan Anda untuk menggunakan strategi ini. Sebaliknya, fokuskan diri Anda untuk mendengarkan keluhan atau kebutuhan calon pembeli Anda. Dalam banyak kesempatan, mereka akan memberitaukan kepada Anda tentang produk atau layanan yang mereka cari- Anda hanya perlu mendengarkannya dan Anda bisa mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan percakapan sedemikian rupa sehingga Anda bisa memperoleh informasi yang Anda butuhkan untuk menyukseskan upaya penjualan produk kepada calon pembeli, tetapi upayakan untuk tidak berusaha mengambil alih percakapan. Dengarkan apa yang ingin calon pembeli Anda katakan dan kemudian tentukan langkah selanjutnya yang baik untuk mereka. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan secara aktif adalah dengan menahan keinginan untuk menginterupsi lawan bicara. Ketika lawan bicara Anda sudah selesai atau melakukan jeda, ajukan pertanyaan atau komentari hal yang mereka katakan (jika hal tersebut pantas). Bila perlu, ulangi apa yang dikatakan oleh lawan bicara Anda karena hal ini dapat membantu lawan bicara Anda untuk mengetahui bahwa Anda mendengarkan mereka secara aktif.

 

Temukan rahasia unggul untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan Anda secara signifikan dengan program training kami di English Today Surabaya. Untuk pertanyaan dan detail lebih lanjut, hubungi kami di +6231 6000 3370 atau klik www.english-today-surabaya.com

Comments

comments