Cara Mengatasi Lupa Isi Presentasi Dengan Mudah

Anda sudah menyiapkan materi untuk presentasi anda, anda juga sudah menyiapkan bantuan visual yang memanjakan mata untuk menarik perhatian penonton anda tetapi tiba-tiba anda lupa isi presentasi di tengah-tengah presentasi anda dan anda tidak tau harus berkata apa.

Saya berbincang-bincang dengan Pak Chris, salah satu guru bahasa Inggris native di Bandung yang telah berpengalaman mengajar ketrampilan presentasi selama bertahun-tahun. Berikut ini adalah 3 langkah mudah yang beliau terapkan untuk mengatasi lupa isi presentasi dengan mudah tanpa menghilangkan fokus dan perhatian penonton.

  • Langkah Pertama: Tetap Tenang

    Ya, ini adalah jawaban yang jelas. Ketika anda sedang tertekan atau ketika anda sedang gugup, amygdala, bagian otak yang mengontrol emosi anda akan membesar dan mengambil alih reaksi tubuh anda terhadap situasi yang sedang anda hadapi. Kemudian, bagian otak lainnya yakni hippocampus, yang terkait dengan memori dan pembelajaran akan mengecil. Sehingga pada akhirnya, situasi tersebut akan memblokir proses rekoleksi informasi dan otak anda tidak dapat menemukan kata-kata ataupun poin-poin utama yang perlu anda sampaikan dalam presentasi anda. Oleh karena itu, anda harus berusaha untuk tetap tenang selama momen-momen “blank” tersebut sembari terus mencoba untuk mengingat-ingat ide atau poin yang ingin anda sampaikan dalam presentasi anda.

  • Langkah Kedua: Ulangi Satu Poin Tertentu Dalam Presentasi Anda

    Yang saya maksudkan dengan mengulangi di sini, bukan berarti anda harus terus-menerus mengulangi poin tertentu dalam presentasi anda hingga waktu presentasi anda habis, akan tetapi anda perlu mengulang poin-poin utama anda setidaknya 3 kali. Selama proses pengulangan tersebut, anda dapat menggunakan kata-kata yang berbeda beda tetapi sangat penting bagi anda untuk hanya mengulangi poin-poin tersebut 3 kali. Sehingga,para penonton anda akan mengingat poin-poin utama dalam presentasi anda sembari anda berusaha untuk mengingat poin atau hal yang perlu anda sampaikan selanjutnya.

  • Langkah Ketiga: Lanjutkan Presentasi Anda dengan Sebuah Senyuman

    Ketika anda sudah berhasil untuk mengingat kembali poin yang hendak anda sampaikan selanjutnya dalam presentasi anda, berikanlah sebuah senyuman tulus kepada para penonton anda. Dengan tersenyum, anda akan menciptakan koneksi yang lebih baik dengan para penonton anda dan membuat presentasi anda menjadi lebih berkesan. Tersenyum juga akan mampu membuat anda kembali percaya diri dan mengatasi rasa canggung yang dialami selama momen-momen “blank” dalam presentasi anda.
    Kesimpulannya, anda harus tetap tenang sebisa mungkin dalam presentasi anda, saya tau hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan namun dengan tetap mengingat ketiga langkah praktis ini, akan membantu anda untuk berpresentasi dengan baik. Yang kedua, ingatlah untuk mengulang poin-poin utama dalam presentasi anda sebanyak 3 kali dari keseluruhan sesi presentasi anda dan yang terakhir, berikan senyuman dan tunjukan kehangatan kepada para penonton anda selama anda berpresentasi.

Comments

comments