Di abad 21 ini, pendidikan sudah jauh semakin pesat. Di Indonesia sendiri, banyak orang menyadari pentingnya pendidikan sebagai sebuah bentuk investasi, baik untuk keperluan akademik maupun profesional. Tak jarang uji kelayakan akademik dan profesional selalu dikaitkan dengan hasil tes kemahiran berbahasa Inggris. Karenanya beramai-ramai orang belajar di luar classroom context. Namun, tanpa disadari memilih lembaga pendidikan Bahasa Inggris adalah sebuah hal yang layak mendapatkan perhatian tertentu. Pastinya anda tak mau investasi anda, baik uang, tenaga dan pikiran berakhir sia-sia. Oleh karenanya tips ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih.

  1. Kenali apa kebutuhan anda

Sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah program, pahami apa kebutuhan anda. Jika anda berencana untuk melanjutkan pendidikan, kenali benar kampus tujuan anda berikut persyaratannya dan jenis tes yang mereka persyaratkan. Pada umumnya, kampus-kampus di negara-negara di Eropa, Australia dan New Zealand juga beberapa di Singapur mensyaratkan tes IELTS sebagai persyaratan belajar. Sementara, pendidikan di Amerika dan sebagian kampus di Kanada membutuhkan nilai TOEFL anda.

Berbeda cerita ketika tujuan anda adalah untuk menunjang kebutuhan profesional, pergilah ke tempat kursus yang menyediakan program kursus tailor-made yang mampu disesuaikan dengan bidang pekerjaan anda. Sementara jika anda tidak termasuk dalam keduanya, ketahuilah benar tentang General English dan Academic English, mana yang lebih sesuai untuk anda. General English itu pengenalan bahasa Inggris yang mendasar dan Academic English umumnya diajarkan untuk keperluan pendidikan di sekolah atau universitas.

Juga, jika pertimbangan anda alasan profesional, ketahui atau sesuaikan jenis bahasa Inggris (American English and British English) anda pada afiliasi perusahaan tempat anda bernaung.

  1. Konsultasikan kebutuhan anda pada orang yang tepat

Beberapa tempat kursus memiliki student advisor yang membantu anda menganalisa keadaan dan kebutuhan anda dengan program yang tersedia di lembaga mereka. Pastikan anda mengkomunikasikan keadaan ada seutuhnya, termasuk jika anda pernah melakukan tes kemahiran berbahasa Inggris beberapa tahun yang lalu. Jangan ragu untuk banyak bertanya dan pastikan anda memiliki jaminan nilai sebagai sebuah outcome.

Beberapa tempat kursus menawarkan jaminan agar anda mampu mencapai target yang anda miliki. Hal ini tampak menjanjikan tetapi perlu diingat bahwa ada harga yang harus dibayar dibalik tercapainya target. Tak hanya dari guru, tapi pembelajar juga harus bekerja keras untuk meningkatkan hasil. Di lain pihak, ada juga lembaga yang realistis dengan menawarkan anda jaminan final test anda pasti meningkat jika dibandingkan dengan pre-test.

  1. Jelilah pada pilihan tutor dan jam belajar serta frekuensi belajar yang anda pilih

Pastikan tutor adalah mereka yang berpengalaman di bidangnya dan paham benar tentang kebutuhan siswa. Banyak pembelajar bahasa asing di Indonesia selalu berpikir bahwa diajar oleh tutor dari negara asing (native teacher) adalah lebih baik jika dibandingkan dengan diajar oleh tutor lokal. Tepis pikiran tersebut jauh-jauh.

Tidak semua native teacher adalah berkompeten akan apa yang mereka ajarkan. Ada dari mereka yang mengisi waktu luang saat travelling dan demi mendapat uang tambahan iseng menjadi tutor Bahasa Inggris. Selain itu, native teacher yang cenderung kolot dalam sistem pengajaran mereka akan membuat anda berproses lebih lambat karena mereka cenderung menyamakan pengajaran dengan masa mereka.

Sebaliknya, tutor lokal yang berkompeten dengan jam terbang tinggi akan memahami benar keadaan pembelajar pada umumnya dan berusaha membantu mereka dalam proses pembelajaran nantinya. Tak hanya itu, mereka menjembatani keadaan dan membuka peluang untuk hubungan yang lebih casual antara tutor and pembelajar. Sehingga, pertanyaan sehubungan dengan materi lebih leluasa untuk dikomunikasikan.

  1. Terakhir, jadilah antusias

Tak ada yang mengalahkan semangat dan niatan sebagai bentuk antusiasme. Percayalah bahwa anda bisa dan jangan pernah takut melakukan kesalahan. Seperti kata pepatah, jika anda gagal berarti anda berusaha dan jika anda tak gagal berarti anda tak berusaha. Juga, jangan pernah menganggap rendah diri anda, seberapa sedikit progress anda, hargailah itu. Bagaimana pun juga itu adalah usaha yang patut diapresiasi.

 

Setelah membaca ulasan panjang tersebut, pastinya anda mendapat gambaran untuk dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan anda. Lantas bagaimana dengan Surabaya? Di Surabaya sendiri, ada beberapa lembaga kursus Bahasa Inggris yang menyediakan berbagai macam program, mulai dari persiapan tes Bahasa Inggris, tailor-made hingga lokakarya untuk guru.

Satu catatan penting dalam memilih adalah juga tempat kursus. Jika anda adalah tipikal orang yang mudah tergoda akan berbelanja atau window shopping, ada baiknya anda tidak memilih lembaga yang terletak di mall atau dekat dengan pusat perbelanjaan. Alih-alih belajar, mungkin saja anda malah menyibukkan diri anda sendiri. Namun, ada baiknya anda melihat daftar berikut sebagai gambaran.

No Nama Lembaga Alamat
1 English Today Jl. Pemuda 60 -70 Lantai 12A, Embong Kaliasin, Surabaya City, East Java 60271
2 Indonesia Australia Language Foundation (IALF) Jl. Ngagel 133 D-G, Wonokromo, Ngagel, Wonokromo, Surabaya City, East Java 60246
4 Kaplan Edupac Surabaya Jl. Mayjen Yono Suwoyo Blok C No.21-22, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Kota SBY, Jawa Timur 60226
5 English First Course Jl. Kayon No.42, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271

6

Kelt Jl. Jawa No.34, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281

7

Yayasan Dewan Inggris Indonesia

(British Council Indonesia Foundation)

Walikota Mustajab & Jalan Lantai 3 No 32-33, Jl. Kusuma Bangsa, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272

Comments

comments